MANIS AKAN TERASA LEBIH MANIS JIKA TELAH MENGECAP PAHIT

Minggu, 19 Juni 2011

DANGKE ATAU KEJU ENREKANG

-->
Dangke adalah makanan tradisional yang berasal dari Enrekang SUL-SEL. Dimanapun anda berpetualang, anda hanya bisa mendapatkannya di Enrekang. Dangke biasa juga disebut juga sebagai keju enrekang. Dangke juga kaya akan protein betakaroten yang cukup tinggi.
Dangke adalah susu kerbau atau susu sapi yang dibekukan. Cara pembekuannya dilakukan dengan cara dimasak terlebih dahulu kemudian diberi getah pepaya yang konon katanya mengandung enzim papain. Enzim inilah yang secara alamiah akan mengubah susu tersebut menjadi padat akibat terjadinya pemisahan protein dan air. Cetakan yang digunakanpun masih tradisional yaitu batok kelapa kecil. Sehingga teksturnya menyerupai tahu dan bentuknya seperti kerucut.
Setelah dicetak dangke bisa di nikmati secara tradisiomnal atau moderen. Bisa di iris sperti keju lembaran atau jika kita tak ingin memakannya langsung bisa di goreng atau di panggang. Paling asyik dangke dinikmati dengan pulu mandoti. Nahhh untuk tahu apa itu PULU MANDOTI? Tunggu postingan selanjutnya yaaahhh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar