MANIS AKAN TERASA LEBIH MANIS JIKA TELAH MENGECAP PAHIT

Senin, 27 Juni 2011

Memulai blajar Programmer

1. Kalau anda baru belajar programming, pilih suatu bahasa pemrograman untuk dipelajari.


Yang mana? Yang skrg populer itu:


- Java


- C# (dibaca "Si Sharp")


- VB.NET (dibaca "Vibi Dotnet")


Kenapa memilih yg populer? Simple. Biar bisa dipakai cari kerja. Setelah menguasai suatu bahasa pemrograman, anda akan bisa belajar bahasa pemrograman lainnya.


Kalau anda memilih C# atau VB.NET, lanjutkan membaca artikel ini. Kalau anda memilih Java, silahkan googling lebih jauh. O ya, saya juga tidak menyarankan untuk belajar Java lagi. Kenapa? Lihat ini: http://geeks.netindonesia.net/blogs/norman/archive/2007/12/31/java-is-becoming-the-new-cobol.aspx


Kalau anda benar-benar baru dlm belajar programming, saya rekomendasikan pilih bahasa C#.


Kalau anda pernah belajar C, C++, Java, saya rekomendasikan pilih bahasa C#.


Kalau anda pernah belajar VB6, anda bisa memilih VB.NET, karena ada kemiripan. Tp, saya tetap rekomendasikan pilih bahasa C#.
Singkatnya, mulailah dengan C#.








2. Kunjungi dan explore website ini: http://msdn2.microsoft.com/en-us/express/default.aspx


Ini adalah website dari Microsoft Visual Studio Express. Versi Visual Studio yang gratis, yang bisa anda download dan install di komputer anda. Visual Studio adalah tool/software yang akan anda pakai dalam membuat program.


Dengan Visual Studio Express ini anda sudah bisa belajar untuk membuat berbagai jenis program/aplikasi:


- Desktop/Windows, atau program yang running di PC anda seperti halnya Word, Excel, Internet Explorer, dsb.


- Web, program yang anda akses via browser seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, dll. Misalnya: myspace.com, friendster, klikbca.com, dll


- Game, ya anda bisa membuat program game.


- Hardware/Robot, jika anda suka robot. Anda juga bisa bikin program untuk robot.


- Database, membuat program untuk menyimpan data.


Kalau mau langsung download Visual Studio Express, silahkan langsung ke sini: http://msdn2.microsoft.com/en-us/express/aa975050.aspx
Seperti yang saya bilang tadi, download yang C#.






Mulailah belajar membuat program. Sering2 latihan membuat program. Anda bisa memulai belajar dengan membaca di link ini : http://msdn.microsoft.com/vstudio/express/beginner


Pokoknya, explore seluruh halaman yang saya sebut tadi: http://msdn2.microsoft.com/en-us/express/default.aspx
Jika anda kesulitan, ini ada tutorial "C# for Kids": http://msdn.microsoft.com/vstudio/express/beginner/kids/csharp Iya, turorial bagi anak kecil yang pengen belajar pemrograman C#. Serius.


Sering baca buku/artikel tentang pemrograman C#, anda bisa beli, atau cari eBook, atau baca2 artikel di internet. Bila perlu cari mentor/teman yg sdh bisa untuk membantu belajar. Sering2 latihan membuat program.


That's it. Sambil jalan anda akan semakin tahu banyak hal tentang C# dan pemrograman secara umum, dan anda juga akan semakin tahu bahwa banyak yang anda belum tahu. Anda akan kenal apa itu Compiler, .NET Framework, ASP.NET, ADO.NET, CLR, Garbage Collector, XML, AJAX, JSON dan lain-lain.


Kunci sukses-nya adalah: anda harus proaktif, jangan manja/malas explorasi sendiri, dan anda mesti semangat. Misal, sambil jalan anda akan butuh SQL Server Express. Barang apa itu? Well, harapannya mestinya anda sudah harus bisa cari tahu sendiri barang apa itu.


Satu lagi: English. You gotta know English. At least you can read English text. If you just counting on Programming books in Bahasa Indonesia, you'll get nowhere. Cos there are very few titles of programming books in Bahasa Indonesia, while there are tons of programming books in English. Especially on advanced topics. So, learn some English.


Belajar pemrograman itu seperti belajar bela diri. Sering latihan, jadi lancar saat pakai jurus2nya. Kalau cuma tahu jurus tapi jarang latihan, kagok nantinya saat benar2 akan dipakai.

SUBER : KOMUNITAS IT ENREKANG ON FACEBOOK http://www.facebook.com/pages/KOMUNITAS-IT-ENREKANG/106241931902 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar